Samakah Bilangan dengan Angka


Nah, sekarang kita coba memulai mengenal matematika. Kita mulai dari angka, karena matematika identik dengan angka-angka. Kita akan mencoba membedakan pengertian angka dan bilangan. 
Penting lo ini  dibahas agar kalian memiliki pemahaman yang benar tentang angka dan
bilangan sehingga tidak salah kaprah. Masak sih kalian mau disamakan dengan orang yang tidak pernah sekolah (belajar matematika)...hehehehehe...canda. 
Satu lagi, mungkin kalian seringnya melupakan perbedan bilangan dan angka dan lebih fokus pada rumus-rumus yang rumit. Dalam penggunaan sehari-hari, angka dan bilangan seringkali disamakan, padahal secara definisi, angka dan bilangan merupakan tiga entitas yang berbeda
langsung saja ya!!
Untuk mudahkannya akan saya beri contoh begini: pada waktu SD masih ingatkan jika 234 itu nama bilangannya adalah dua ratus tiga puluh empat. Nah, dua ratus tiga puluh empat tersebut dinamakan bilangan. Sedangkan 2, 3 dan 4 yang melambangkan bilangan  dua ratus tiga puluh empat disebut angka.
Tepatnya, angka adalah suatu tanda atau lambang yang digunakan untuk melambangkan bilangan. Nah, karena angka adalah suatu tanda atau lambang, maka kita mengenal banyak ragam angka, sebut saja bilangan enam dilambangkan 6 untuk angka arab atau dilambangkan VI dalam angka romawi.
Bagaimana sudah jelas kan bedanya, asyik kan utak-atik matematika, makanya kalian jangan takut sama matematika dan mari belajar menyukai matematika........

Artikel Terkait

Previous
Next Post »