Angka 0 dan Bilangan Tak Terdefinisikan

Sekali lagi kita akan membahas angka nol. Kali ini kaitannya dengan bilangan tak terhingga dan tak terdefinisikan. Kita sepakati dulu ya kedua istilah tersebut sebelum kita membahasnya lebih dalam. Tak terhingga itu dalam bahasa gaulnya berarti tidak ada batasnya karena saking banyaknya, sedangkan tak terdefinisikan itu tidak dapat dilambangkan/tidak ada. (gmn, sepakat kan). 
Langsung saja ya.......(catatan kita bicara pada bilangan real dan tanda "/" artinya dibagi)
8/2=4 (pasti semua juga tahu ya.....), kenapa 8/2 = 4 ya? gampangnya, karena 8=2 x 4 atau 2 x 4=8 (ya ga??). sehingga a/b=c dan a=b x c.
Begitu pula kita sepakat bahwa 0/1=0, karena 1 x 0 = 0
Lalu bagaimana jika 1/0  ? Ingat sesuai rumusan diatas jika 1/0=a, maka seharusnya 1= 0 x a. Nah pertanyaannya apakah ada bilangan yang jika di kalikan 0 hasilnya 1, padahal dalam posting sebelumya sudah disebutkan bahwa semua bilangan jika dikalikan dengan 0 hasilnya adalah sama dengan 0.  Kesimpulannya adalah jika 1 dibagi dengan 0 maka hasilnya tidak terdifinisikan. 
TAPI tunggu dulu, karena jika kita belajar matematika lebih lanjut, maka ada istilah analisis kompleks yaitu bidang kompleks perluasan (Extended Complex Plane) atau disebut juga Riemann sphere . Didalam Riemann sphere, 1/0=∞ (tak terhingga). Tentu saja ada penjelasan matematisnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »