Matematika itu tidak sulit

Judul postingan ini tidaklah terlalu berlebihan, karena sebenarnya memang matematika itu tidaklah sesulit yang dibayangkan. Hanya saja, seringnya kita sudah menganggap matematika sulit sebelum kita mencoba untuk belajar matematika. Anggapan yang demikian sungguh sangat menyesatkan dan berbahaya....
Karena gambaran yang buruk (sulit) bagi pelajaran hitung-hitungan ini membuat kita enggan untuk mencoba mengenalnya. Ibarat pepatah tidak kenal maka tidak sayang. Jadi kalian jangan terburu-buru mengklaim  bahwa matematika itu sulit sebelum kalian mengenal matematika dengan benar. Siapa tahu ketika kalian sudah mengenal matematika malah membuat kalian jatuh cinta kepada matematika.
Sebagai ilmu eksakta (pasti) maka konsep, rumus dan formula yang ada didalam matematika tentunya tetap dan tidak berubah-ubah. Sebagai gambaran sederhana saja, dari saya SD sampai jadi pengajar matematika 4+4=8, iya kan? Nah, coba bedakan kalau kita belajar sejarah, tentu sangat dinamis dan berubah-ubah. Misalnya, siapa nama presiden RI ke10, hayo atau berapa jumlah provinsi di Indonesia? Tentunya harus kalian garis bawahi , bahwa semua pelajaran itu tidak ada yang buruk, semua baik dan harus disukai. Hanya saja, dengan tidak mengingkari kodrat bahwa tidak semua siswa memiliki kecenderungan (kesukaan) yang sama terhadap pelajaran. Jangan heran dan mengolok-olok jika si A lebih pinter di Matematika, tapi jeblok di pelajaran lain, yang penting jangan terlalu ekstrem dan membenci mata pelajaran, terlebih matematika..hehehe (bukan karena saya guru matematika lho)
Setelah membaca postingan ini saya berharap kalian tidak lagi membenci matematika,tapi sebaliknya mencintainya....hehehe...

Artikel Terkait

First

4 komentar

Write komentar
sasyaa95
AUTHOR
17 February 2013 at 10:52 delete

entahlah.. tapi benar sekali.. sudah berkali2 saya mencoba 'memahami' matematika tapi tetap saja saya tidak bisa =___=" saya sangat buruk dalam bidang matematika.. sangat... namun entah mengapa saya sangat-sangat-sangat cemerlang dalam bidang bahasa, entah itu inggris, indonesia, korea, jepang, jerman, dll... dan saya juga sangat cemerlang dalam bidang IT.. =__=" namun begitu saya berhadapan dengan matematika... saya jadi....
menciut T.T

Reply
avatar
Hello
AUTHOR
27 March 2013 at 12:25 delete

keadaan saya sama sperti yang comment diatas saya :')

Reply
avatar
Wahyu
AUTHOR
14 December 2015 at 19:00 delete

keadaan saya seperti yang coment diatas

Reply
avatar
8 January 2019 at 09:34 delete

saya juga sama seperti comment di atas

Reply
avatar