Tidak ada Hari Tanpa Matematika

Lagi-lagi judul diatas tidak berlebihan kan? kalian pasti setuju, terlebih setelah saya jabarkan lewat tulisan berikut.
Mengawali postingan ini saya akan bercerita sedikit, begini ceritanya:
"......suatu hari anak perempuan kami satu-satunya yang masih duduk dibangku SD, di mintai tolong sama ibunya untuk membeli sabun colek ditoko tentangga (yang pasti dekat rumah). Pulang dari belanja dia komplain sama ibunya. Kata dia, kenapa sih Bu, Mbak A (si penjual) itu kasih kembalian ngitungnya lama banget, sampai saya nggak sabar. Pasti dulu pas sekolah matematikanya jelek ya Bu......" Pernyataan tersebut diluar dugaan ibunya dan tentunya saya yang turut mendengarkan. Wah kami harus memberi pengertian kepada sikecil agar tidak menyepelekan orang lain dan mudah berkesimpulan terhadap yang dia lihat sesaat tanpa berfikir panjang.

Peristiwa diatas saya alami sendiri dan saya kutip disini untuk menggambarkan betapa banyak manfaat matematika dalam kehidupan kita sehari-hari serta betapa kita tidak bisa lepas dari matematika dalam aktivitas harian kita..
Sebut saja, jual beli (meskipun dalam skala kecil) kita membutuhkan hitung-hitungan, misalnya saat menimbang, menjumlah barang, menghitung uang yang harus dibayarkan pembeli dan lain sebagainya.
Aktivitas harian pribadi kita juga tak luput dari matematika, dari pagi saat kita memutuskan mau bangun jam berapa, kita sudah berbicara matematika yaitu jam. Saat kita memutuskan naik apa mau berangkat ke sekolah, kita sudah berbicara tentang matematika, karena kita akan berhitung berapa jarak, berapa waktu yang dibutuhkan ke sekolah, sehingga kita memutuskan naik bus, naik motor atau jalan kaki untuk berangkat ke sekolah.

Mata pelajaran eksakta lainpun juga membutuhkan kemampuan berhitung matematika. Sebut saja ketika kalian belajar fisika, kimia atau biologi kalian juga memerlukan kecermatan berhitung matematika.
Nah, sudah terasa kan betapa pentingnya matematika itu, sehingga tidak ada alasan untuk membenci matematika, karena disadari atau tidak, langsung atau tidak langsung kita sering menggunakan matematika dalam keseharian hidup kita.
Saatnya kalian bangkit dan mari belajar menyukai matematika......

Artikel Terkait

Previous
Next Post »