Tips Memilih Ebook Pelajaran Matematika

Perkembangan yang sangat pesat dalam dunia teknologi infomatika memberikan kontribusi yang sangat positif bagi kehidupan manusia. Dampak yang positif tersebut juga dirasakan dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah hadirnya ebook. Nah, disamping keberadaan buku "konvensional" yang kita kenal, era digital memanjakan kita dengan hadirnya ebook yang simple dan praktis yang bisa kita bawa kemana-mana  dengan mudah dan tidak memakan banyak tempat. Pada kesempatan ini saya akan memberikan tips memilih ebook matematika.
Sebelumnya tidak ada salahnya kita mereview kembali tentang apa itu ebook. Ebook
merupakan singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik. E-book merupakan salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Jenis ebook paling sederhana adalah yang sekedar memindahkan buku konvensional menjadi bentuk elektronik yang ditayangkan oleh komputer. Dengan teknologi ini, ratusan buku dapat disimpan dalam satu keping CD (kapasitas sekitar 700MB), DVD (kapasitas 4,7 sampai 8,5 GB) maupun flash disk (saat ini kapasitas yang tersedia sampai 16 GB). Ebook ini berupa file dengan format bermacam-macam diantaranya  pdf dan htm.  Format pdf  dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya sedangkan htm dapat dibuka dengan browsing atau internet eksplorer secara offline. Disamping itu ada juga ebook yang berbentuk format exe.  
Berikut tips memilih ebook pelajaran matematika:
1. Pastikan  jenis ebook pelajaran matematika yang kalian cari
Ingat ya, ebook yang kalian cari hanya sebagai referensi tambahan untuk pelajaran matematika (kecuali buku ajar wajib kalian tersedia dalam format ebook--ga ada salahnya kalian bertanya ke guru tentang ketersediaan ini). Nah, untuk itu cari ebook yang benar-benar relevan dengan buku ajar wajib kalian. Hal ini untuk tujuan efisiensi, karena pada saat download tentunya akan banyak memakan pulsa dan waktu. Kalian tentunya tidak ingin sia-sia kan, kalau ternyata setelah download dengan waktu yang cukup lama ternyata hasil download-an tidak sesuai dengan kebutuhan. Sehingga wajib hukumnya bagi kalian menentukan dengan cermat dan tepat ebook yang kalian cari, baik.judul, isi dan pengarangnya. 
2. Cari dengan mesin pencari kesayangan kalian
Banyak sekali ebook di internat, dengan beragam kualitas, dari yang paling bagus sampai yang tidak bermutu (yang kadang-kadang--maaf--berbohong).  Gunakan mesin pencari kesayangan kalian seperti google, untuk berselancar mencari ebook pelajaran matematika. Gunakan key word yang tepat untuk ebook pelajaran matematika yang kalian cari pada mesin pencari tersebut. Cermati hasil temuan mesin pencari atas keyword yang kalian ketikkan dan pilih yang mungkin paling sesuai dengan yang sedang kalian cari. 
3. Tidak ada salahnya mencari ebook gratis
Ebook gratis, ya tidak ada salahnya kalian mencari ebook dengan jenis ini. Banyak saudara kita yang baik hati menyediakan ebook gratis pelajaran matematika ini. Biasanya (tidak semua) pemiliknya mengharuskan  kalian untuk login terlebih dahulu. Namun ingat ya,  karena sifatnya yang gratis, maka seringnya hasil downloadan ebook tidak seperti yang kalian kehendaki. Bisa hanya berupa ringkasan yang tidak lengkap (versi lengkapnya harus beli) atau parahnya kadang-kadang ada yang tidak bertanggungjawab dengan menyediakan ebook yang hasilnya beda sekali dengan judulnya.(hanya berupa halaman kosong atau iklan) setelah kita download. Kalian bisa berkunjung ke BSE (Buku Sekolah Elektronik) milik Kemendiknas melalui link disini untuk memperoleh ebook gratis lengkap. 
4. Baca ringkasan isi ebook sebelum kalian mendownloadnya
Beberapa penyedia ebook yang profesional dan benar-benar bertanggungjawab, menyediakan deskripsi singkat (ringkasan isi) dari buku yang akan kalian download. Baca terlebih dahulu dengan seksama ringkasan isi tersebut. Meskipun tidak selalu sama dengan yang kita kehendaki, setidaknya kalian memiliki gambaran tentang buku yang akan didownload sebelum membuat keputusan untuk mendownloadnya.
5. Download ebook yang berbayar
Nah, kalau ada sedikit kelebihan uang tidak ada salahnya memilih ebook berbayar. Namanya juga berbayar, tentu kualitasnya juga akan lebih baik. Karena berbayar kalian juga harus sangat berhati-hati, jangan sampai kalian tidak mendapatkan ebook pelajaran matematika yang diimpikan meskipun sudah membayarkan sejumlah uang. 
6. Pastikan koneksi internet kalian bagus
Nah, ini juga penting untuk diperhatikan, bagian dari proses mendapatkan ebook pelajaran matematika adalah men-download. Agar tidak menanti dalam jangka waktu lama, maka pastikan koneksi internet kalian cukup bagus.
7. Perhatikan kapasitas file ebook yang akan kalian download.
Perhatikan kapastitas file yang akan kalian download, biasanya ditulis disebelah nama file ebook yang akan kalian download. Ini sangat penting untuk memperhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendownload. Sehingga kalian bisa mempertimbangkan untuk
melanjutkan atau membatalkan proses pen-download-an.
8. Siapkan aplikasi pembaca ebook pada komputer kalian
Agar ebook pelajaran matematika hasil download-an kalian bisa dibuka dan dibaca pada komputer, maka harus ditanamkan software pembacanya pada komputer kalian. Software pembaca disesuaikan dengan format ebook-nya. Misal adobe reader untuk membaca ebook dalam format pdf. Kalian belum punya? bisa dapatkan software tersebut disini.

Semoga tips ini bermanfaat bagi kalian....salam

Baca Juga:
8 Tips Memilih Jurusan IPA di SMU
Kiat Memilih Buku Matematika untuk Anak Sekolah

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar