Kiat Memilih Buku Matematika untuk Anak Sekolah

Sukses belajar matematika sangat detentukan oleh banyak hal, diantaranya guru yang enak mengajarnya, suasana kelas yang tidak membosankan dan buku ajar yang berkualitas. Nah, pada kesempatan yang indah kali ini saya akan mencoba memberikan tips bagi kalian (tentunya yang masih berusaha untuk belajar menyukai matematika) tentang bagaimana memilih buku pelajaran matematika yang berkualitas.
1. Gunakan buku ajar wajib guru
Wajib hukumnya bagi kalian memakai buku yang diwajibkan oleh pihak sekolah/guru. Beberapa sekolah mewajibkan buku yang "dikeluarkan" oleh pihak sekolah yang kadang-kadang digratiskan (dipinjami tepatnya). Buku ini merupakan pegangan pokok bagi kalian, karena sangat mungkin bahwa sebagian besar proses belajar-mengajar sang guru mengikuti buku ini (termasuk contoh latihan soalnya)
2. Miliki juga buku referensi guru kalian
Nah, kadang-kadang selain buku wajib yang dibagikan kepada siswa, guru kalian "diam-diam" punya referensi buku matematika lainnya. Kadang-kadang diawal tahun pelajaran guru kalian ada yang merekomendasikan buku-buku yang bisa kalian beli guna menunjang proses belajar matematika, namun tak sedikit guru yang tidak menyampaikannya. So, ga ada salahnya kalian melirik buku tersebut, catat judul dan pengarangnya (jika perlu penerbitnya) kemudian lain kali berburulah ditoko buku dan dapatkan.
3. Cari referensi lain
Meskipun kalian sudah memiliki buku wajib dan beberapa referensi yang ditawarkan oleh guru kalian, ga ada salahnya kalian juga berburu buku referensi lainnya. Sangat beragam buku matematika di pasaran. Kalian bisa memilah dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan kalian.
4. Sering-seringlah ke toko buku
Kenapa harus habiskan waktu di mall dan hanya untuk jalan-jalan dan nongkrong bareng sama teman atau beli sesuatu yang ga penting-penting amat. Ga ada salahnya kalian sering-sering berkunjung ke toko buku terdekat. Selalu ada hal yang baru dalam dunia penerbitan, sehingga kalian harus up to date.
5. Cari di internet
Pada era IT sekarang, banyak orang yang berbaik hati dengan menyediakan ebook gratis. Bahkan Depdiknas juga sudah mengeluarkan ebook gratis. Manfaatkan fasilitias sekolah kalian yang ada hot spotnya (atau sisihkan uang jajan beli modem sendiri...he...he...he...) untuk searching ebook pelajaran matematika. Tentunya ini lebih baik kan, daripada kalian menghabiskan waktu didepan komputer hanya untuk mencari hal-hal yang tidak berguna diinternet.
6. Mengacu pada GBPP
Ini yang terpenting!! Kalian bebas memilih buku matematika, namun ada satu syarat yang harus dipegang, bahwa buku apapun yang kalian beli harus sebisa mungkin sesuai dengan GBPP (atau istilah sejenisnya). Apa  itu GBPP?   Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) adalah diskripsi singkat mengenai mata-mata ajaran yang diprogramkan dalam kurikulum pendidikan. Mudahnya, merupakan runtutan materi yang harus kalian selesaikan selama setahun belajar matematika. Meskipun ini wilayah guru kalian, kalian dapat mengintipnya. Gimana cara tahunya? Mudah saja, berpeganglah pada buku ajar wajib yang diberikan guru kalian. Pada buku tersebut pasti ada materi-materi yang harus diselesaikan oleh kalian selama satu tahun yang terbagi dalam semesteran (dapat dilihat pada daftar isi buku wajib kalian). Nah, cari buku yang memuat hal-hal tersebut, meskipun sangat mungkin urutannya tidak sama persis.
7. Buka halaman dengan teliti
Hati-hatilah dalam memilih buku, setelah sesuai dengan buku wajib kalian (GBPP tepatnya), buka tiap lembar halamannya, barang kali ada cetakan yang tidak jelas, halaman terbalik atau bahkan halaman yang kosong.
8.  Cari yang menarik penyajian materinya
Meskipun membahas materi yang sama, kadang tiap pengarang berbeda dalam menjelaskannya. Maka carilah buku matematika yang penyajian materinya runtut, jelas dan
mudah dimengerti oleh kalian. Ga ada salahnya juga cari yang banyak illustrasinya, yang tentunya memudahkan kalian untuk memahami sebuah materi.
9. Cari yang banyak latihan soalnya
Ingat kan dengan yang pernah saya sampaikan, berbeda dengan pelajaran lainnya. Pada matematika kalian harus banyak berlatih mengerjakan soal. Jadi carilah buku matematika dengan latihan soal yang banyak. Tidak ada salahnya kalian juga mengoleksi bank soal, tentunya yang sesuai GBPP tadi hehehehe.....
10. Cari buku yang asli
Lo, memang ada buku matematika yang tidak asli to? Tentunya ada...misalnya foto kopian hehehehe....Disamping menghargai karya cipta, dengan memilih buku yang asli kalian dapat memperoleh buku dengan kualitas cetakan yang bagus. Ketika kalian susun buku di rak lemari pastinya yang asli akan nampak lebih bagus dari pada kopian...atau yang aspal (asli tapi palsu) sekalipun ....hehehehe... 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »