Tips Sukses Matematika dalam UAS Sekolah 2012

UN bagi kakak kelas kalian sudah selesai, nah sekarang giliran kalian harus siap-siap menghadapi ujian akhir semester atau UAS 2012 yang kurang beberapa minggu lagi. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan tips bagaimana mempersiapkan diri dalam menghadapi UAS tahun 2012 ini, khususnya pada pelajaran matematika.
Berikut Tipsnya:
1. Persiapkan bahan ajar. 
Buku pelajaran kalian harus disiapkan. Jangan sampai seminggu sebelum ujian akhir semester, kalian masih bingung mencari buku pelajaran matematika yang mungkin masih dipinjam teman, atau lupa tempat naruhnya atau bahkan hilang. (jadi ketahuan kan kalau begini adanya, berarti kalian tidak pernah baca buku atau belajar).
2. Perbanyak referensi sebagai bahan pengayaan
Hari gini masih tidak bisa mengakses internet? tidak lagi kan. Nah, tentu kalian sudah sangat familiar dengan dunia internet. Manfaatkan internet secara positif. Tidak ada salahnya kalian buka-buka internet untuk mencari sumber referensi yang relevan dengan pelajaran matematika. Kalian bisa download ebook tentang pelajaran matematika. Depdiknas juga sudah mengeluarkan buku elektronik tersebut, kalian bisa download dengan gratis. Tentunya ini alternatif, selain kalian bisa memperbanyak buku referensi dari sisa uang jajan kalian...he..he...he.
3. Perbanyaklah mengerjakan latihan soal
Dalam pelajaran matematika, satu hal yang tidak bisa kalian abaikan adalah berlatih. Perbanyaklah mengerjakan latihan soal. Sering-seringlah berlatih mengerjakan soal, baik yang ada dibuku paket (yang diberikan oleh guru dari sekolah) atau kalian lebih kreatif cari-cari soal lain (tentunya dari sumber yang relevan baik dari internet atau buku matematika lain). Cobalah ukur diri kalian sendiri dengan jujur, caranya koreksi hasil latihan soal yang kalian kerjakan dan menilainya sendiri atau minta tolong kakak kalian untuk menilainya. Kondisikan dalam latihan mandiri tersebut seolah-olah kalian sedang dalam ujian yang beneran, jadi atur waktunya secara disiplin, misalnya 10 soal uraian dalam waktu 30 menit.
4. Miliki rasa percaya diri
Kalau kalian masih berupaya dengan susah payah mencari cara-cara instan dalam menghapi UAS (seperti bocoran soal) itu artinya kalian tidak memiliki rasa percaya diri yang baik. Jangan terjerumus ke dalam isue bocoran soal yang membuat kalian tergantung dan akhirnya malas belajar. Yakinlah pada saatnya (ujian) kalian bisa mengerjakan tanpa menunggu bocoran soal.
5. Hindari perbuatan curang saat mengerjakan soal UAS
Bukan hanya dalam aturan sekolah kan, dalam agamapun berbuat curang itu sangat dilarang. Jangan tergantung sama temen yang pinter (dengan nyontek) atau membuat tulisan-tulisan yang disembunyikan dan dibuka dengan diam-diam saat mengerjakan soal. Bisa dibayangkan kan, coba kalau temen kamu yang pinter itu pelit ga mau nunjukin hasil kerjaannya saat ujian atau kamu tidak ada kesempatan buka catatan yang dipersiapkan karena sang guru yang selalu mengawasi. Bisa-bisa lembar jawab kalian kosong dong sampai batas waktu mengerjakan soal ujian selesai.
6. Jaga kesehatan
Jangan terlalu serius/tegang dan melupakan makan serta melupakan istirahat saat menghadapi ujian. Percuma kan kalau kita dah siap dengan pelajaran, namun karena sakit kalian tidak bisa masuk sekolah saat ujian.Jangan tidur terlalu malam dan upayakan makan-makanan yang bergizi (ingat bukan makanan yang enak dan
mewah...hehehe...)
7. Berdoa
Sebagai mahkluk Tuhan yang berakal dan beragama, berdoalah mohon pertolongan pada Tuhan, agar kalian diberikan kemudahan saat mengerjakan soal matematika.Yakinlah, Tuhan tidak akan menyia-nyiakan usaha kalian. Kalau kalian belajar dengan serius, pasti Tuhan akan memberi kemudahan dan jalan keluar.
8. Teliti, hati-hati dan kerjakan dulu yang menurut kalian mudah
Perhatikan dengan benar dan teliti setiap soal yang akan kalian kerjakan, jangan sampai salah baca. Kalau menurut kalian ada soal yang sulit, lewati saja dan pilih soal yang menurut kalian lebih mudah. Nah saat soal yang mudah tersebut selesai kalian kerjakan, coba gunakan waktu yang tersisa untuk mengerjakan soal yang tadinya terlewati.
9. Jangan panik
Maksud saya, janganlah kalian panik saat kalian baru mengerjakan separo soal, tiba-tiba ada teman satu ruangan yang sudah keluar duluan. Yakinkan diri kalian, belum tentu teman kalian yang keluar lebih dulu itu nantinya dapat nilai seratus (yang dikerjakannya belum tentu benar semua). Jangan -jangan temen itu cepet keluar karena sudah ga sanggup mengerjakan soal..he..he...he...
10. Belajar 
Ini kuncinya!! kalian harus belajar dengan baik (tentunya bukan hanya saat ada ujian)
Biasanya sih, meskipun dengan prosentase yang kecil pada saat ujian akhir semester tetap ada materi pada semester yang lalu keluar. Jadi kalian harus tetap coba buka-buka pelajaran semester 1.

Nah, semoga tips tersebut bermanfaat. Kalau kalian ulet, teratur, konsisten dan disiplin dalam belajar, saya pastikan matematika itu tidak sulit.

Baca Juga:



Artikel Terkait

Previous
Next Post »