Matematika, Pengertian dan Bidang Kajian


Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa matematika  sebagai ibu ilmu pengetahuan. Disebut demikian
karena matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan dasar yang menjadi sumber dari ilmu pengetahuan terapan. Barangkali karena itulah sejak TK (yang mestinya hanya tempat bermain.........hehehehe) kita sudah diajari hitung-hitungan. 
Namun, banyak juga diantara kita yang belum mengerti apa sebenarnya matematika itu. Pada postingan ini saya akan mencoba menulis pengertian matematika dan bidang kajian matematika. 

Pengertian

Banyak orang yang memiliki pendapat berbeda tentang  pengertian matematika. Mengutip Wikipedia, matematika didefinisikan sebagai berikut:

"Matematika (dari bahasa Yunani: μαθηματικά - mathēmatiká) adalah studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Para matematikawan mencari berbagai pola, merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksi yang kaku dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian.

Terdapat perselisihan tentang apakah objek-objek matematika seperti bilangan dan titik hadir secara alami, atau hanyalah buatan manusia. Seorang matematikawan Benjamin Peirce menyebut matematika sebagai "ilmu yang menggambarkan simpulan-simpulan yang penting". Di pihak lain, Albert Einstein menyatakan bahwa "sejauh hukum-hukum matematika merujuk kepada kenyataan, mereka tidaklah pasti; dan sejauh mereka pasti, mereka tidak merujuk kepada kenyataan."

Melalui penggunaan penalaran logika dan abstraksi, matematika berkembang dari pencacahan, perhitungan, pengukuran, dan pengkajian sistematis terhadap bangun dan pergerakan benda-benda fisika. Matematika praktis telah menjadi kegiatan manusia sejak adanya rekaman tertulis. Argumentasi kaku pertama muncul di dalam Matematika Yunani, terutama di dalam karya Euklides, Elemen."
Sementara itu dalam kamus besar Bahasa Indonesia, matematika adalah ilmu tentang bilangan-bilangan, hubungan antar bilangan dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah bilangan. Sedangkan menurut James (1976), matematika diartikan sebagai ilmu logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang saling berhubungan satu sama lainnya dengan jumlah yang terbagi ke dalam tiga bidang yaitu aljabar, analisis, dan geometri.
Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut, dapat saya simpulkan bahwa matematika adalah  suatu ilmu yang mempelajari bilangan dan bangun serta konsep-konsep yang berkenaan dengan kebenarannya secara logika menggunakan simbol-simbol yang umum serta aplikasi dalam
bidang lainnya.
Bidang Kajian Matematika
Nah setelah kalian tahu pengertian matematika, selanjutnya kita akan bahas apa saja yang dipelajari dalam matematika. Secara umum, setidaknya ada 12 bidang kajian dalam matematika, yaitu:

  1. Teori Himpunan 
  2. Teori Bilangan 
  3. Logika 
  4. Aljabar, meliputi: Aljabar Elementer, Aljabar Linear dan Aljabar Abstrak 
  5. Geometri 
  6. Trigonometri 
  7. Topologi 
  8. Analisis 
  9. Probabilitas 
  10. Statistika 
  11. Matematika Diskret 
  12. Matematika Terapan 

Pembagian bidang kajian di atas, bukanlah satu-satunya pembagian bidang. Mungkin pula terdapat pembidangan lain, oleh karena mungkin juga dua atau lebih bidang di atas saling bersinggungan (terdapat beberapa topik sama yang dipelajari). Mungkin pula suatu bidang merupakan dapat dia nggap sebagai pengembangan atau (atau beberapa) bidang yang lain.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »