6 Tips Memilih Les Privat Online

Kalau pada posting sebelumnya saya sudah menulis tentang apa plus minus les privat online, maka kali ini saya akan mencoba berbagi tentang tips memilih les privat online (baik berupa lembaga maupun perseorangan).
Namanya juga online, bisa dipastikan kemungkinan besar sebagai pengguna jasa privat  tentu kita tidak harus kontak langsung dengan lembaga/perorangan penyedia jasa tersebut. Kalau bahasa anak muda sekarang disebut juga “dumay” (dunia maya). Tidak sedikit cerita buruk di dumay disamping seabrek cerita positifnya.
 Nah, untuk menghindari hal buruk yang mungkin akan terjadi saat memilih jasa les privat online, berikut 6 (enam) tips memilih les privat online matematika:
1. Meski ini online, jika memungkinkan, akan lebih baik Anda mengenal penyedia jasa tersebut secara offline. 
Hubungan baik dan kredibilitas penyedia jasa yang kita ketahui secara offline tentu membuat kita tidak ragu-ragu lagi menitipkan putra-putri kita untuk belajar dengan intens pada lembaga/perseorangan tersebut.
Bisa saja penyedia tersebut rekan mengajar kita, guru sekolah dari putra-putri kita atau penyedia jasa les privat matematika yang sudah kita kenal lokasi, tenaga pengajar dan metodologi/kualitas pembelajarannya.
Dalam konteks ini, versi jasa online tidak lebih sekedar memanfaatkan fasilitas IT, karena pada dasarnya kita sudah biasa bertemu dengan penyedia jasanya secara offline. 
2. Jika tips pada angka 1 tersebut sulit kita lakukan (namanya juga online), maka lakukan searching di internet.
Akhir-akhir ini sudah cukup banyak tersedia lembaga/perseorangan yang menyediakan jasa les privat secara online. Dengan bantuan search engine, cari lembaga/perseorangan penyedia jasa privat yang benar-benar kredibel dengan track record yang baik. Pelajari dengan cermat metode pembelajarannya, mekanisme pembelajaran onlinenya. Cari yang paling rasional menurut Anda. 
3. Hal yang juga penting adalah melihat profil tenaga pengajarnya, syukur-syukur kalau ada curriculum vitae  
Lembaga/perseorangan penyedia jasa privat yang professional tentu akan dengan jujur dan
terbuka menampilkan profil mereka di iklan webnya, termasuk tenaga pengajarnya. Tidak cukup itu saja, era TI tentu sangat memudahkan kita menelusuri siapa tenaga pengajar tersebut. gunakan media jejaring social seperti twitter atau facebook untuk mengetahui siapa sebenarnya mereka (tenaga pengajar).  Lihat time line atau tweet mereka di media jejaring social, karena kita (mungkin) sepakat, bahwa apa yang ditulis seseorang dalam media jejaring social menggambarkan pemiliknya.
4. Jika Anda sudah menentukan pilihan, hubungi lembaga/perseorangan penyedia jasa les privat tersebut.
Lakukan komunikasi dengan baik, tidak salah jika menanyakan hal-hal yang tidak tercover dalam web penyedia jasa tersebut. Mungkin Anda membutuhkan paket-paket tambahan jasa les privat dengan kompensasi yang disepakati, inilah saat yang tepat untuk dibicarakan.
5. Karena online, maka yang harus menjadi pertimbangan utama Anda menentukan pilihan tidak lagi kedekatan lokasi. 
Anda harus focus pada kualitas penyediaan jasa privatnya, karena jarak tidak lagi menjadi variable untuk dipertimbangkan.
6. Tujuan mulia dari les privat online ini adalah untuk memacu putra-putri Anda agar dapat memiliki pemahaman secara benar tentang pelajaran matematika (diluar jam pelajaran sekolah).
Untuk itu pengawasan (versi Anda) terhadap keseriusan putra-putri juga  penting. Tentu kita tidak berharap, bahwa niat baik Anda memilih model les privat online justru menjadi alasan bagi putra-putri Anda berlama-lama didepan computer untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat. Misal, berpura-pura sedang melakukan les privat online, padahal hanya berlama-lama main jejaring social atau lainnya diluar les privat online.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
23 February 2015 at 10:15 delete This comment has been removed by the author.
avatar
23 February 2015 at 10:19 delete

sedikit nambahin gpp ya...cara mendapatkan guru les privat yang kompeten adalah dengan menyodorkan soal2 PR mintalah tolong utk menjelaskan.Maka akan ketahuan kompetensinya.

Reply
avatar
23 February 2015 at 10:23 delete

kalo les privat online coba mampir ke http://www.bimbelonlineprivat.com/p/dvd-zenius-xpedia.html , di situ ada link utk lihat cuplikan video demo.

Reply
avatar