Kiat Sukses Kerjakan Soal Matematika Pada Ujian Tengah Semester 2013

Sahabat Belajar Menyukai matematika, masih suka atau berusaha menyukai matematika kan?

Perlu diingat ya, sebentar lagi kalian akan menghadapi ujian tengah semester. Nah, tentu kita berharap, matematika tidak lagi menjadi momok yang menakutkan. Kalau sudah suka, persiapan belajar matematikapun tidak lagi ribet dan pastinya hasil ujian tengah semester akan memuaskan

Berikut kiat sukses mengerjakan soal ujian tengah semester, khususnya pelajaran matematika:
1. Jangan pilih sistem belajar “SKS”
Pernah dengar istilah “SKS” kan? Ini bukan SKS-nya kakak-kakak kalian yang sudah menjadi mahasiswa lo, tapi singkatan dari Sistem Kebut Semalam. Maksudnya, janganlah belajar pada saat akan ada ulangan atau ujian tengah semester saja. 
Miliki kebiasaan baik, dengan menyisakan sedikit waktu untuk mempelajari kembali materi pelajaran matematika sepulang dari sekolah.  Cara ini efektif karena bisa lebih menanamkan materi pelajaran pada diri kalian.
Nah, saya pikir cara ini belum terlambat, meskipun ujian tengah semester tinggal hitungan minggu lagi. Lebih baik terlambat kan, daripada tidak sama sekali.
2. Jaga kesehatan diri kalian
Hindari stress dengan meninggalkan atau mulai mengurangi aktivitas-aktivitas yang membutuhkan banyak curahan energi untuk berfikir. Kondisi psikis kalian yang tidak fit tentu sangat berpengaruh pada kesehatan fisik. Akibatnya, jika sobat tidak dalam kondisi fisik yang prima, belajarpun akan menjadi sesuatu yang berat. Bisa-bisa Sobat tidak bisa konsen dalam belajar. 
3. Jika sudah punya pacar jangan ketemuan sama pacar dulu
Bagi kalian yang sudah punya pacar, sepertinya tidak ketemuan dulu merupakan hal yang lebih baik ketika akan menghadapi ujian tengah semester. Ini bukannya bermaksud melanggar HAM lo, hanya langkah antisipasi saja. Untuk menghindari “konflik” dengan pacar yang berakibat buruk pada kondisi psikologis kalian. Siapa tahu, saat kalian ketemuan malah ada masalah, seperti saling cemburuan…ehmm. Kecuali ketika kalian bisa meyakinkan diri sendiri, bahwa ketemu pacar tidak akan timbulkan konflik dan justru akan menjadikan motivasi belajar kalian makin bertambah.
4. Jika kalian adalah peserta les privat matematika, maka efektifkan waktu les privat 
Maksudnya, miliki managemen waktu yang baik. Meskipun les privat matematika itu hal positif, namun saat hadapi ujian tengah semester kalian harus mampu mengatur waktu dengan baik. Jangan sampai jadwal les privat matematika kalian yang padat justru menyita waktu kalian untuk belajar. 
Bisa saja jadwal les di efektifkan dengan membuat materi pembelajaran les berbeda dengan hari-hari biasa. Sebut saja, kalau biasanya materi les disajikan secara tematik, sekarang (dalam rangka menghadapi ujian tengah semester) kalian meminta guru les privat untuk membahas materi (tengah semester) secara keseluruhan. Atau bisa juga membahas soal-soal matematika yang memuat materi selama setengah semester. Jika Kalian bukan peserta les privat, lakukan hal tersebut secara mandiri dirumah.
5. Hindari dulu berselencar di dunia maya
Tidak selamanya dunia maya itu jelek kok. Namun, sekiranya tidak ada hal yang urgen untuk dilihat/dicari didunia maya, maka sebaiknya kegiatan tersebut dihentikan sementara. Kecuali jika memang kalian sedang mencari-cari referensi di dunia maya untuk persiapan ujian tengah semester tersebut.
6. Cermat dan tepat
Saat sedang mengerjakan soal di kelas, kerjakan soal dengan cermat dan tepat. Cermat, artinya kalian harus meneliti, membaca dan memahami soal dengan baik. Kelola waktu dengan baik pula, jika sekiranya masih ada sisa waktu, maka janganlah tergesa-gesa meninggalkan ruangan kelas meskipun sudah selesai mengerjakan semua soal. Koreksi kembali pekerjaan yang sudah selesaikan sembari menunggu waktu habis. Sehingga kalian dapat mengerjakan soal-soal matematika tersebut tepat waktu dan tepat jawaban (setidaknya sesuai dengan keyakinan kalian).
7. Pilih soal yang menurut kalian lebih mudah
Berkutat pada soal matematika yang menurut kalian sulit berakibat pada dua hal. Pertama, seringnya kalian tidak yakin akan kebenaran jawaban kalian atas soal tersebut dan kedua, akan menyita banyak waktu kalian. Untuk itu kerjakan terlebih dulu yang menurut kalian mudah dan jawabannya diyakini benar.
Demikian kiat yang dapat saya sampaikan. Selamat sukses!!!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
19 November 2013 at 16:30 delete

izin posting mbak, insya Allah bermanfa'at.

Reply
avatar
Sukses Privat
AUTHOR
18 July 2014 at 15:12 delete

Ya , cara sukses mengerjakan soal matematika adalah perbanyak mengerjakan dan memahami contoh soal .
Les privat rutin tapi secukupnya dua kali seminggu cukup
Les privat online adalah penting bagi adik-adik yang ingin biaya lebih ringan
Jangan belajar kebut semalam.
Benar kata Mbak Admin , hindari berselancar di dunia maya karena bagi pelajar yang niat masuk IPA sebaiknya lebih sering keluar masuk blog pembelajaran matematika fisika kimia
Bagi Adik-adik yang belum bisa mengerjakan soal matematika fisika kimia
tapi niat belajar bersungguh sungguh maka silahkan datang ke fortal contoh soal dan pembahasan matematika fisika kimia (klik)

Reply
avatar
Tutarni Aliya
AUTHOR
4 June 2015 at 20:07 delete

Tutarni : Terima kasih atas tutorial yang sangat bermanfaat, saya akan mencoba semoga berhasil, mohon dibanyakin lagi tutorialnya ya...

Reply
avatar