LES PRIVAT ONLINE: DINAMIKA DAN PLUS MINUSNYA

Hampir setahun, karena kesibukan, lama tidak menjumpai kawan di dunia maya. Setelah menulis tentang Tips Mencari Guru Les Matematika, maka Kali ini, saya akan mencoba berbagi kepada kawan-kawan di dumay tentang les Privat (khususnya pelajaran matematika) secara online.
Di era sekarang siapa yang tidak mengenal Teknologi Informasi (TI) atau lebih keren 

disebut dumay (dunia maya). Era digitalisasi Informasi, menjadikan dunia serasa dalam gengaman. Informasi mudah didapatkan dan mulai masuk ke rumah-rumah dengan sangat mudah. Bak gayung bersambut, pihak providerpun memberikan iming-iming yang menggiurkan, lewat produk-produk layanan (online) mereka yang relative murah dan terjangkau .
Beragam aktivitas konvensionalpun perlahan dan pasti mulai bergeser ke dunia online. Sebut saja, gaya silaturrahmi online melalui jejaring sosial, yang menjadi trend gaya hidup, mengalahkan model silaturahim kopdar (kopi darat).  Atau model jual beli konvensional  yang mengharuskan bertemu antara penjual dan pembeli digantikan oleh merebaknya toko online. Toko online, lebih praktis, bermodal kepercayaan tidak lagi terikat pada spasial/zona wilayah serta tidak lagi mewajibkan tatap muka antara penjual dan pembeli.

Nah, dalam dunia pendidikan/belajar sudah banyak yang memanfaatkan fasilitas TI ini. Sebut saja, sistem kuliah online. Di berbagai daerah bahkan ada yang menawarkan jasa layanan les privat secara online, baik yang diselenggarakan secara perseorangan maupun oleh lembaga professional.

Karena sifatnya yang online, dengan dukungan teknologi yang
semakin modern dan canggih, tentu model les privat seperti ini lebih praktis. Komunikasi online, menjadikan les privat model ini  tidak lagi membutuhkan ruang, tempat bertemu untuk penyelenggarann proses belajar mengajar. Jarak tidak lagi menjadi pertimbangan yang rumit, begitu pula waktu tidak lagi menjadi terbatas. Kapanpun, 24 jam bisa sesuai dengan kesepakatan yang ditawarkan oleh lembaga penyedia jasa les.

Dibalik semua nilai praktisnya tersebut, model les privat online tentu juga membutuhkan sarana dan prasarana pendukung yang (kadang) tidak murah juga. Setidaknya, butuh seperangkat computer (PC, Laptop atau tab) dan jaringan internet yang cukup bagus. 

Satu hal yang juga sangat penting diperhatikan, karena sifatnya yang online, mengharuskan Anda ekstra hati-hati dalam menentukan lembaga les privat yang tepat buat putra-putri Anda. Tidak dikenalnya antara penyedia jasa les dengan Anda, model pembayaran yang (mungkin) juga online, membuat Anda harus berhitung ulang untuk menentukan lembaga atau individu penyedia jasa les privat online yang benar-benar professional dan bertanggungjawab.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Sukses Privat
AUTHOR
18 July 2014 at 15:02 delete This comment has been removed by the author.
avatar
23 February 2015 at 10:32 delete

Betul Mba Diah, sebelum mencoba bimbel online ada baiknya tanya temen2, sebagai contoh coba tanya temen yg pernah pakai Zenius Education apakah dia puas atau tidak. Terima kasih
co

Reply
avatar
PT MEY ER
AUTHOR
31 July 2016 at 06:05 delete

Setuju sekali dengan solusi online. Karena akan menghemat waktu Dan menekan biaya. Ditambah siswa bisa bertanya kapan Dan dimana saja untuk pelajaran yang dirasa masih kurang di mengerti Melalui saluran chat, forum Dan email. Salam, http://www.lesprivatonline.com

Reply
avatar
PT MEY ER
AUTHOR
31 July 2016 at 06:05 delete

Setuju sekali dengan solusi online. Karena akan menghemat waktu Dan menekan biaya. Ditambah siswa bisa bertanya kapan Dan dimana saja untuk pelajaran yang dirasa masih kurang di mengerti Melalui saluran chat, forum Dan email. Salam, http://www.lesprivatonline.com

Reply
avatar